Translate

Thursday, April 4, 2013

Bauhinia kockiana Lour. Bunga raksasa dari TN Kutai



Akar kalai, demikian masyarakat Kutai menyebutnya. Bunga hutan raksasa yang dibeberapa media diklaim hanya ada di Malaysia ini, ternyata dapat dengan mudah ditemukan di Taman Nasional Kutai. Anggur tropis, anggrek raksasa, red trailing dan nama-nama lainnya diberikan atas refleksi para pencintanya karena akar kalai memang memiliki keindahan yang unik dan luar biasa.

Anggrek raksasa misalnya, diberikan oleh para pencinta tumbuhan hias.  Meskipun tidak berasal dari bangsa anggrek, tapi karena mahkota bunganya yang indah dengan kuntum yang sangat banyak dan warnanya yang kontras ditengah hijaunya rimba, memposisikan tumbuhan ini setara dengan tumbuhan hias anggrek.  Sebagian pencintanya ada yang menyebutnya sebagai anggur tropis. 

Nama tumbuhan hias raksasa ini diberi nama phanera yang berarti pamer karena bunganya yang berwarna merah orange dan mencolok ditengah hutan dan coccinea berarti merah.  Di Indonesia jenis bunga ini awal mulanya ditemukan oleh Pieter Wielem seorang anggota komisi sejarah alam berkebangsaan Belanda pada tahun 1825 di bagian Barat Sumatera dan setelah itu belum ada informasi lokasi lain di Indonesia yang menjadi habitatnya.

Liana dengan batang berduri ini merupakan liana berkayu dengan diameter batang bisa mencapai 10 cm, dan memanjat pohon-pohon raksasa di hutan primer dan sekunder serta menguasai lapisan atas tajuk pohon. Liana berkayu,  batang memanjat, daun berbentuk jantung, urat daun 4-nerved, semi oval, ujung daun meruncing. Bunga majemuk, mahkota bunga berwarna merah-orange dan mahkota bunga yang tua  berwarna kuning. Bunga terdiri dari kelopak dan mahkota yang terdiri atas 5 segmen . Jumlah kuntum dalam satu tangkai bunga mencapai 50 kuntum. Buah seperti kacang tanah berwarna coklat, kulit buah kasar berbintil.

Taksonomi:
Kingdom :  Plantae
Phylum    :  Magnoliophyta
Kelas      :  Magnoliopsidda
Ordo       :  Fabales
Famili      :  Caesalpiniaceae
Genus     :  Bauhinia, Phanera
Species : Bauhinia kockiana (Lour.), Bauhinia Coccinea Lour. Phanera cocinea (Lour.)

Distribusi:
Bauhinia Coccinea merupakan tumbuhan  yang menyukai cahaya matahari. Hidup pada strata atas dan ditemukan berbunga sepanjang tahun. Distribusi jenis  di Kamboja dan Laos, Vietnam, Kinabalu. Di Taman Nasional Kutai, akar kalai dapat ditemukan di wilayah Prevab-Mentoko sepanjang pinggiran Sungai Sangatta.

Di Malaysia jenis ini dibudidayakan sebagai tanaman hias. Bagi yang ingin mencoba budidaya jenis ini, boleh dengan cara stek atau biji dengan pemeliharaan dibawah cahaya matahari penuh. Meskipun di hutan hidup sebagai bunga raksasa, namun bisa juga dibudidaya sebagai tanaman pot, atau tumbuhan hias merambat pada pagar-pagar tembok. (Oleh: Yulita Kabangnga')


No comments:

Post a Comment