Translate

Wednesday, April 3, 2013

Pterisanthes polita (Miq.) Lawson Tumbuhan Unik dari TN Kutai



Belantara Taman Nasional Kutai dianugerahi  kekayaan hayati yang cukup tinggi. Selain dapat menemukan berbagai jenis satwa, terdapat berbagai jenis tumbuhan yang unik dan  langka. Salah satu jenis yang unik adalah Pterisanthes gladiate atau  sering disebut akar janggut baung.

Unik! demikian kesan pertama yang tertangkap dari tumbuhan akar janggut. Unik karena buahnya muncul dari lembaran berbentuk daun berwarna merah. Dalam satu tangkai terdapat beberapa buah yang bulat berwarna hijau yang menutupi permukaan lembaran berwarna merah tersebut.
Liana  yang memanjat pada belukar dan pohon-pohon kecil di daerah yang agak terbuka.   Tumbuhan dari keluarga anggur-angguran ini memiliki ciri antara lain: daun tunggal, berbentuk bulat telur, tersusun spiral dengan tepi daun bergigi.
Secara umum tumbuhan ini menyenangi  pinggiran hutan, lapisan bawah  kanopi, hutan Dipterocarpaceae  dataran rendah dan hutan rawa.  Di Taman Nasional Kutai pengunjung dapat menemukan dibeberap tempat di Sangkima dan Mentoko.  Memiliki warena merah yang menyolok diantara hijau dedaunan memudahkan pengunjung untuk menemukannya.  
Bentuk yang unik dan warna yang menyolok membuat tumbuhan ini sangat potensial sebagai Tanaman hias.  Cara budidaya yang mudah yaitu dengan stek batang dan biji  semakin memungkinkan  untuk pengembangan tumbuhan jenis ini sebagai tumbuhan hias.
Di Sumatera jenis tumbuhan ini dimanfaatkan oleh suku Talang Mamak sebagai tumbuhan obat dengan memanfaatkan air batang.  Karena batangnya mampu mengalirkan air yang cukup banyak, masyarakat Sumatera menggelarinya dengan nama Akar Haus.

Deskripsi:
Kingdom: Plantae
Phylum: Magnoliophyta
Class: Magnoliopsida
Order: Rhamnales
Family: Vitaceae
Genus: Pterisanthes
Species: Pterisanthes polita
Sinonim: Pterisanthes gladiata, Pterisanthes parvifolia, Pterisanthes sinuosa, Vitis polita


Oleh: Yulita Kabangnga
Disarikan dari berbagai sumber

No comments:

Post a Comment