Translate

Tuesday, April 2, 2013

Jamur Bintang, Geastrum saccatum Fr.


Deskripsi:
Kingdom    :   Fungi
Phylum       :   Basidiomycota
Class            :   Agaricomycetes
Subclass     :   Phallomycetidae
Ordo            :   Geastrales
Famili          :   Geastraceae
Genus         :   Geastrum
Species       :   Geastrum saccatum Fr.

“Hanya yang beruntung yang dapat menemukan jamur Geastrum di dalam hutan”, demikian ungkapan salah satu media terhadap jenis jamur bintang ini.  Geastrum memang merupakan jamur yang sangat sulit ditemui.  Di Taman Nasional Kutai, jenis ini baru ditemukan pada dua lokasi yaitu Sangkima dan Mentoko.
Lebih menyukai habitat subur dan lembab pada serasah di bawah naungan pohon. Tidak seperti jamur pada umumnya yang hidup mengelompok, jenis geastrum cenderung tumbuh soliter dan belum pernah ditemui mengelompok.  Sifatnya yang soliter ini semakin membuatnya sulit ditemukan.
Penampilannya seperti bintang, membuat para biologist menjulukinya sebagai jamur bintang tanah “Earthstar mushroom”. Berbentuk seperti kembang, berukuran  kecil, membulat dengan kantong spora yang bulat seperti kelereng dan  sisi luar yang terbelah  menjadi 4-8 bagian.
Geastrum saccatum merupakan salah satu jamur yang cantik namun tergolong dalam jenis jamur yang tidak bisa dimakan. Masyarakat luas mengenalnya sebagai jamur yang tidak dimakan karena beracun.  Kesan beracun makin terlihat ketika jamur ini sesekali jamur ini akan mengeluarkan spora yang berwarna hitam dan mengepul seperti asap yang keluar dari kantong spora.
Geastrum tidak sekedar jamur beracun biasa. Ternyata  berdasarkan penelitian ilmiah, jamur dari kelas gerastales ini ternyata memiliki kandungan antioksidan,  anti imflamasi dan aktifitas sitoksik. Hasil ini diperoleh dari uji terhadap ekstraksi  β-glukan -protein kompleks Geastrum saccatum yang diisolasi. Hasil uji tersebut menunjukkan bahwa mekanisme untuk aktivitas antiinflamasi disebabkan penghambatan enzim sintase nitrat oksida dan siklooksigenase.
Disarikan dari berbagai sumber.



No comments:

Post a Comment